Ebook
[E-Book] Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital
Dibutuhkan cara baru untuk memasarkan sebuah merek di era digital seperti ini agar bisa dikenal oleh banyak orang. Mulai dari memanfaatkan media sosial hingga ikut masuk dan bertemu dengan percakapan yang ada di komunitas agar pemasar tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Di era digital semuanya bergerak dengan cepat dan berubah. Perubahan ini terlihat jelas di mana pelanggan lebih memilih dalam memutuskan untuk membeli sebuah merek. Tidak seperti zaman dahulu saat perusahaan bisa memberi dan mengatur informasi merek secara satu arah lewat cara-cara tradisional, seperti iklan di media cetak, media massa, dan media elektronik. Dengan adanya internet pelanggan dapat mencari tahu dan membandingkan beberapa merek. Dibutuhkan beberapa pertimbangan, seperti bertanya dan mencari tahu merek tersebut kepada komunitas. Dan jika mereka nyaman dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan terhadap merek tersebut, mereka akan memulai atau mendukung orang-orang tersebut. Bahkan mereka juga akan membela merek tersebut dan menjadi cara memasarkan yang sangat berguna untuk menarik pelanggan baru. Tak hanya itu pelanggan juga sering mencari pendapat dari komunitas. Entah itu keluarga, teman, atau kelompok pada saat akan membeli sebuah merek
Marketing 4.0 membahas secara lengkap dan terperinci tentang cara memasarkan sebuah merek di era digital melalui sudut pandang konsumen. Pelanggan mempelajari merek (aware/menyadari), suka atau tidak suka terhadap merek (attitude/menyikapi), memutuskan untuk membeli (act/bertindak), dan memutuskan apakah mereknya patut dibeli lagi (act again/bertindak lagi). Dan di era digital jalur pelanggan ini berubah menjadi lima A, yaitu sadar (menyadari), banding (tertarik), bertanya (bertanya), bertindak (bertindak), dan advokat (menganjurkan).
Cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan cara membangun sisi manusia dari merek mereka. Merek harus menarik secara fisik, intelektual, sosial, dan emosional. Konten juga menjadi iklan baru dan #tagar merupakan tagline baru di era digital. Untuk memasarkan konten yang dibutuhkan langkah-demi-langkah, seperti menetapkan tujuan, pemetaan target pasar, pemggagasan dan perencanaan konten, menciptakan konten, distribusi konten, melanjutkan konten, evaluasi pemasaran konten, dan perbaikan pemasaran konten.
Masih banyak lagi hal-hal yang dibahas dalam buku ini mengenai cara pemasaran dari tradisional ke digital. Semua penjelasan yang ada dalam setiap bab yang ditulis dengan ringkas dan sederhana. Maka tidak akan sulit bagi pembaca untuk memahami setiap penjelasan yang dibahas. Lebih baik lagi pembaca tidak akan bosan karena cara penyampaiannya yang tergolong singkat dan padat.
Tidak tersedia versi lain